3 Tips Memperpanjang Umur Proyektor


      Penggunaan proyektor saat ini sudah merambah pada semua kalangan,mulai dari perkantoran, pendidikan, acara-acara, sampai untuk hiburan rumahan. Yang dulu proyektorhan ya digunakan pada bioskop-bioskop atau acara-acara besar, namu nuntuk sekarang penggunaan proyektor bias untuk kalangan pribadi. Dilihat dari harganya pun sekarang proyektor sudah menawarkan harga yang terjangkau, sehingga dengan harga yang terjangkau penggunaan proyektor sudah mulai banyak. Bahkan dimensi dari proyektor sendiri ada yang berukuran kecil, yaitu proyektor mini. Bagi pengguna proyektor untuk kepentingan sehari-hari, harus perlu memperhatikan dalam penggunaan dan perawatan.  Sehingga tips memperpanjang umur proyektor itu sendiri sangat penting.



Dalam perawatan sebuah proyektor itu sendiri,bias dikatakan sedikit susah bila kita tidak mengetahui ilmunya. Berikut point penting tips memperpanjang umur proyektor dalam perawatannya :

1. Lampu Proyektor

Hal yang paling penting dalam proyektor yaitu pada lampunya. Lampu proyektor ini sangat pengaruh dalam penggunaannya, jika lampu proyektor dalam keadaan baik, maka proyektor tersebut dalam menampilkan gambar dengan sempurna. Dalam penggunaan proyektor tidak boleh memindahkan proyektor dalam keadaan menyala, sebab lampu proyektor sangat sensitive dalam kondisi menyala. Jika tidak berhati-hati, maka akan menimbulkan efek kerusakan yang fatal. Dan satu hal lagi yang paling penting dalam lampu proyektor, setelah proyektor selesai digunakan, tunggu sebentar sekitar 5 menit untuk mendinginkan lampu proyektor sebelum dimatikan. Itu tips memperpanjang umur proyektor pada point lampu proyektor.

2. Perawatan

Tips  memperpanjang umur proyektor, tentunya juga harus membutuhkan perawatan secara terjadwal. Pada sebuah proyektor ada sebuah filter atau penyaring udara, ini adalah komponen yang perlu diperhatikan. Bersihkan filter proyektor secara berkala minimal sebulan sekali. Karena kotoran berupa debu yang menempel pada filter ini dapat lampu proyektor lebih mudah terbakar dan ini akibat yang lumayan fatal. Untuk membersihkannya,  gunakan alat  air  compressor secara maksimal. Bukan hanya pada filter atau penyaring udara yang perlu dibersihkan, lensa proyektor pun perlu dibersihkan. Untuk membersihkannya, gunakan kain pembersih khusus lensa proyektor atau lensa yang  digunakan pada sebuah kamera.

3. Hindarkan

Yang  perlu harus dihindarkan pada penggunaannya, yaitu dalam peletakkan proyektor. Saat digunakan letak kan proyektor pada tempat  yang  teduh dan hinder kan dari sumber panas atau terkena sinar matahari secara langsung. Serta jangan tinggalkan proyektor dan alat pendukungnya pada mobil ketika suhu udara panas. Dan yang harus dihin dari selanjutnya yaitu, jangan letakkan proyektor pada posisi filter terhalang oleh dinding atau obyek lainnya. Supaya udara panas  yang dihasilkan pada proyektor bias dibuang secara maksimal dan tidak terhalang. Itu tips memperpanjang umur proyektor pada point  pencegahan atau menghindari.

    Berikut 3 tips memperpanjangumurproyektor yang bias di share, untuk tips merawat proyektor lainnya bias baca selengkapnya disini. Bagi Anda yang membutuhkanproyektor, kami Media Warna Project  menyediakannya dengan harga yang terjangkau dari berbagai brand ternama.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar