MENGETAHUI CARA KERJA PROJECTOR LCD & DLP


MENGETAHUI CARA KERJA PROJECTOR LCD & DLP
Cara kerja proyektor memang tidak terlihat secara langsung oleh mata telanjang kita, tapi tidak ada salahnya kan mengetahui cara kerjanya.
Hampir setiap orang kini telah memakai proyektor, setidaknya walau pun tidak memiliki benda tersebut tapi pernah menggunakannya
untuk keperluan presentasi misalnya atau menonton video/film bersama teman-teman agar lebih seru.
Tahukah Anda sebenarnya bagaimana cara proyektor bekerja hingga bisa memancarkan cahaya yang ditangkap layar/media pemantul sebagai gambar atau video? Berikut sedikit penjelasan bagaimana proyektor LCD bisa sampai memancarkan cahaya dari laptop atau device yang lainnya.
Kumpulan cahaya yang melalui panel dan dipadukan melalui prisma tersebut kemudian melalui lensa yang dipancarkan pada layar atau media pantul lain sehingga bisa dilihat oleh mata kita sebagai gambar yang sama seperti ada di layar komputer atau device lainnya. Gambar pada proyektor LCD akan lebih tajam dibanding proyektor DLP karena warna yang dihasilkan proyektor LCD karena panel LCD yang dipakainya dibiaskan langsung dari lensa ke layar.



Cara kerja proyektor ini umumnya sama untuk semua proyektor LCD yang diproduksi sekarang. Selain hal yang dijelaskan sebelumnya, kelebihan dari LCD pada proyektor adalah menggunaan cahaya yang lebih efisien sehingga proyektor LCD dapat memproduksi ansi lumens lebih tinggi dibanding proyektor DLP. Selain banyak kelebihan, ada juga kekurangannya yaitu piksel yang terlihat jelas sehingga kurang cocok untuk memutar video atau film.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar