Menentukan Lumens Yang Tepat Pada Proyektor

Proyektor dengan spesifikasi yang baik, tentu akan menghasilkan gambar yang ditampilkan kelayar proyeksi pun akan baik. Apa lagi sebuah proyektor tersebut mendukung tingkat kecerahan (lumens) yang tinggi, dan akan menghasilkan gambar yang tajam. Namun membeli proyektor dengan tingkat kecerahan (lumens) yang tinggi, harus mengeluarkan uang lebih untuk memilikinya.
Tapi untuk semua itu sebenarnya tidak perlu, kalau kita tahu ilmunya dalam penggunaan proyektor yang baik. Menggunakan proyektor dengan tingkat kecerahan (lumens) yang tidak terlalu besar pun, bisa menampilkan gambar yang bagus pada ruangan-ruangan tertentu. Untuk itu ada beberap acara menentukan lumens yang tepat pada proyektor. Penggunaan proyektor sudah meranjak keberbagai kalangan, yang duluhanya digunakan untuk menonton film di layar lebar saja. Namun saat ini, penggunaan proyektor sudah banyak dipergunakan oleh kalangan pebisnis atau kantoran, yakni untuk kepentingan presentasi. Bukan hanya itu, proyektor jugas udah banyak dipergunakan pada kepentingan pendidikan, seperti untuk menampilkan file materi pada perkuliahan atau sekolah-sekolah. Keperluan rumahan pun tidak kalah untuk menggunakan sebuah proyektor, yakni untuk keperluan hiburan seperti menonton film yang disebut sebagai home theater. Dengan banyaknya pengguna proyektor di berbagai kalangan, untuk itu ada beberapa proyektor yang pas buat Anda untuk menampilkan gambar dengan kualitaster baik. Dengan tingkat kecerahan yang tinggi bukan itusolusinya, tingkat kecerahan yang cukup pun bisa digunakan dengan baik. Berikut beberapa tingkat kecerahan (lumens) yang tepat digunakan pada ruang-ruangan tertentu :

1. 1.500 lumens
Untuk penggunaan proyektor dengan tingkat kecerahan 1500 lumens, bisa digunakan untuk keperluan kantor seperti presentasi, dan bisa juga digunakan untuk keperluan rumahan. Untuk lumen 1500, menggunakan layar proyeksi yang berukuran kurang dari 100 inchi.

2. 2.000 lumens
Lain lagijikaukuranlayarproyeksidiatas 100 inchi, makagunakanproyektordengantingkatkecerahan 2000 lumens. Ukuran lumens tersebut, cocokdigunakanuntukpresentasibisnisdenganjumlahaudien yang lumayanbanyak. Dan proyektordengan 2000 lumens inijuga, cocokdigunakanuntukmembuatsebuah home theater, yang didukungdengantingkatcahayaruangan yang gelap.

3. 3.000 lumens
Untuk ukuran 3000 lumen ini, cocok digunakan untuk kepentingan proyek pembangunan gedung, rumah atau yang lainnya. Proyektor dengan 3000 lumen ini, untuk menampilkan sebuah objek gambar, grafik, peta, atau objek lainnya yang memerlukan tampilan gambar kelayar proyeksi secara detail dan jelas.

4. 5000 lumens
Untuk menampilkan gambar proyeksi di ruangan yang besar, yang bisa menampung 200 orang atau lebih, tentunya membutuhkan proyektor dengan tingkat kecerahan yang tinggi. Seperti pada bioskop-bioskop yang menampung banyak orang, lebih baik menggunakan proyektor dengan 5000 lumen atau lebih. Dengan lumens yang tinggi, memudahkan audiens melihat tampilan gambar di layar lebar dengan jelas dan nyaman.

Kesimpulan dari uraian diatas
penggunaan tingkat kecerahan (lumens) yang tetap pada sebuah proyektor harus menyesuaikan dengan ukuran layar proyeksi yang digunakan. Jika menggunakan ukuran layar yang besar, maka gunakan proyektor dengan angka lumens yang tinggi. Dan jika layar yang digunakan kecil, maka gunakan proyektor dengan angka lumens yang tidak terlalu tinggi juga sudah cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar