4 Resolusi Proyektor Yang Umum Digunakan Pada Proyektor


     Resolusi Proyektor Salah satu spesifikasi yang perlu diperhatikan dalam sebuah proyektor yaitu ukuran resolusi nya. Karena jika sebuah proyektor tersebut hanya dibekali dengan resolusi yang kecil dan hanya bisa menampilkan gambar dilayar yang kurang besar, maka akan terasa kurang puas jika digunakan untuk menonton film dilayar lebar atau sebagai home theater. Ada beberapa resolusi proyektor yang umum digunakan untuk menampilkan hasil gambar.

Sebuah proyektor dengan resolusi yang terbatas, hanya bisa digunakan untuk kepentingan bisnis seperti presentasi atau pada kepentingan pendidikan. Namun jika sebuah proyektor hanya mengunggulkan pada resolusi nya saja tanpa dukungan dari teknologi dan fitur yang mumpuni, kualitas tampilan nya tidak akan menghasilkan gambar yang maksimal.

Mengenal tingkat resolusi pada sebuah proyektor merupakan suatu hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan. Karena spesifikasi resolusi merupakan salah satu yang penting dalam sebuah proyektor. Resolusi pada sebuah proyektor, memiliki tingkatan dan tipe yang berbeda, mulai dari ukuran SVGA hingga ukuran yang tinggi yaitu WUXGA.

Semakin tinggi ukuran resolusi pada sebuah proyektor, maka semakin besar pula ukuran gambar yang ditampilkan pada layar. Namun proyektor dengan resolusi yang besar, biasanya menawarkan harga yang lebih tinggi. Untuk itu mengenal tingkat resolusi proyektor sangat penting.

Resolusi yang umum digunakan pada proyektor dan memiliki aspek rasio 4:3, yaitu SVGA dan XGA. Untuk resolusi SVGA memiliki ukuran gambar 800 x 600 piksel. Ukuran ini dapat digunakan pada kepentingan bisnis seperti presentasi, dan dapat menampilkan slide powerpoint, pdf, word, atau yang lainnya. Contohnya tipe SVGA ini terdapat pada proyektor Epon EB-S200 dan Microvision MS330.

Sedangkan untuk resolusi XGA dapat menampilkan gambar dengan ukuran 1024 x 768 piksel, ukuran ini lebih besar dari sebelumnya. Resolusi ini sudah bagus untuk menampilkan video atau film dengan resolusi HD. Resolusi XGA ini digunakan pada proyektor Panasonic PT-LB1VEA.

Untuk resolusi proyektor yang umum digunakan yaitu WXGA dan WUXGA dan memiliki aspek rasio berukuran 16:9. Dua resolusi ini mampu menampilkan gambar dengan ukuran besar. Untuk resolusi WXGA ini sudah sangat bagus, karena mampu menampilkan gambar dengan resolusi berukuran 1280 x 720 piksel atau 1280 x 800 piksel. Ukuran ini sama dengan ukuran HD 720p. Proyektor yang sudah menggunakan resolusi ini yaitu Proyektor NEC M352WS.

Resolusi proyektor yang umum digunakan terakhir ini yaitu WUXGA. Resolusi besar ini memiliki ukuran hingga 1920 x 1080 piksel. Ukuran ini disebut dengan resolusi Full HD yang mampu menampilkan gambar atau video 1080i. Contoh proyektor yang sudah menggunakan resolusi WUXGA ini yaitu proyektor Panasonic PT-RZ670.

Dari empat resolusi proyektor yang umum digunakan, masih ada lagi resolusi yang lainnya. Namun selain empat resolusi ini, memiliki ukuran yang lebih besar dan hanya digunakan pada proyektor-proyektor untuk kepentingan pada skala besar seperti pada bioskop yang harus mempunyai resolusi minimal ukuran 4K atau 4000 piksel.

Tingaktan resolusi proyektor yang umum digunakan

Resolusi layar standar 4:3

Resolusi layar lebar 16:9
SVGA
800 x 600
WXGA
720p
1280 x 720
XGA
1024 x 768
WUXGA
1080p
1920 x 1080

Tidak ada komentar:

Posting Komentar